Haruskah Punya Website untuk Bisnis Online Di Jakarta & Tangerang?

Haruskah Punya Website untuk Bisnis Online Di Jakarta & Tangerang?. Bisnis online pada dasarnya mirip dengan bisnis yang dijalankan secara offline. Pada umumnya, sebuah bisnis offline mempunyai sebuah toko, dimana konsumen bisa datang berkunjung, bertanya dan melakukan transaksi pembelian.

Demikian halnya dengan menjalankan bisnis online. Bisnis online juga memerlukan sebuah rumah atau toko. Nah, toko atau rumah di bisnis online disebut dengan website. Oleh sebab itu punya website untuk bisnis online adalah sebuah hal yang wajib untuk dimiliki oleh seorang pebisnis online.

Mengapa Harus Punya Website untuk Bisnis Online?

Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan saat menjalani bisnis online. Bisnis online adalah bisnis yang dikelola dan dijalankan melalui perantara internet. Munculnya sebuah bisnis disebabkan adanya pertukaran barang atau jasa antara penjual dan pembeli.

Social Media bukanlah Toko yang Abadi

Jika sebuah bisnis online tidak memiliki website, maka dimana bisa menampung kedatangan pengunjung / traffic yang berkunjung? Boleh saja sobat mengatakan, “saya jualannya cukup lewat Facebook dan Instagram saja, toh sudah mendatangkan orderan“

Apakah sobat pernah berandai-andai, bagaimana jika besok facebook dan instagram tiba-tiba kolaps dan ditutup? Masih akan dapat orderankah bisnis online yang sobat kelola? Facebook, Twitter dan Instagram hanyalah sebuah media sosial. Bisa tutup dan kolaps sewaktu-waktu. Seperti halnya Friendster dan media sosial lainnya pada masa lalu.

Media sosial hanya berfungsi sebagai tempat pameran, meminjam istilah Mas Jaya Setiabudi. Sifatnya cuma sementara. Suatu saat akan tutup dan kembali lagi ke toko aslinya. Lha, kalo tempat pameran tutup terus ga punya toko, mau jualan dimana? Di situlah pentingnya memiliki sebuah toko online berupa website.

Website Lebih Abadi dan Jangka Panjang

Dimana pembeli akan mencari informasi? Biasanya di mesin pencari Google atau media sosial. Misalkan seseorang sedang membutuhkan sebuah piring, maka dia akan mengetikkan “jual piring” di mesin pencari. Nah, list website yang muncul di hasil pencarian google, itulah yang akan dihubungi oleh si calon pembeli untuk melakukan pembelian piring.

Disitulah pentingnya punya website untuk bisnis online. Dengan manajemen yang baik, website bisa terus menampung visitor / pengunjung yang datang. Baik itu hanya sekedar bertanya atau serius untuk melakukan transaksi pemesanan. Kata kunci yang dibidik oleh bisnis online juga bisa lebih abadi dan bertahan lama di mesin pencari Google, sehingga potensi calon pembeli akan terus berdatangan.

Website Bisa Terus Diupgrade Sesuai Kebutuhan

Bisnis online yang dikelola dengan baik dan fokus, tentu akan bisa berkembang dari waktu ke waktu. Seperti halnya sebuah bisnis offline yang berkembang, bisa jadi ukuran tokonya diperluas atau cabangnya bertambah.

Begitu juga dengan bisnis online. Jika konten yang ditampilkan bagus dan sesuai dengan target pasar yang dibidik, tentu pengunjung akan semakin banyak. Maka website dari sebuah bisnis online juga mulai bisa diperluas sesuai kebutuhan. Bisa juga membuat website tambahan sebagai “cabang baru” dari website yang sudah ada.

Oleh sebab itu, harus punya website untuk bisnis online, bisa dimulai dari sebuah website yang konsisten dikelola dan dikembangkan. Setelah berkembang dan pengunjung sudah cukup banyak, tinggal memilih opsi strategi apa yang akan dipilih berikutnya.

Misalkan saat pertama kali mulai, tentu visitor atau pengunjung masih nol (belum ada pengunjung). Space yang dibutuhkan tentu tidak besar. Saat membuat website pun bisa disesuaikan dengan pengunjung yang datang. Makin besar pengunjung, maka makin besar space website yang diperlukan.

Biaya Website Lebih Terjangkau

Dalam bisnis offline, ada biaya yang diperlukan untuk membuat atau sewa toko dan biasanya biaya yang diperlukan juga cukup besar. Bisnis online juga sama. Ada biaya yang diperlukan untuk membuat website.

Akan tetapi, biaya yang diperlukan untuk membuat website untuk bisnis online akan sangat jauh berbeda dibandingkan toko offline. Jauh lebih murah dan terjangkau. Unsur utama yang diperlukan dalam membuat website secara sederhana adalah biaya domain dan hosting. Demikian tentang Ulasan Haruskah Punya Website untuk Bisnis Online Di Jakarta & Tangerang? semoga bermanfaat untuk anda

4992total visits,37visits today

WhatsApp Ruhi