Ini Kelebihan dan Kekurangan Website Gratisan Di Jakarta

Ini Kelebihan dan Kekurangan Website Gratisan Di Jakarta , Di era internet, website sepertinya sudah jadi salah satu hal penting yang harus dimiliki, baik untuk kalangan perusahaan maupun perorangan, terbukti hampir seluruh orang penting punya website pribadi. Ditambah lagi sekarang banyak penyedia website yang menawarkan layanan website mulai dari yang berbayar hingga yang gratisan.

Pertanyannya, jika sudah ada layanan website gratisan, kenapa mesti pake website berbayar? Ini alasannya.

Kelebihan website gratisan

– Gratis
Namanya website gratisan, pasti gratis.

– Tinggal pakai
Daftar, cek konfirmasi email, selesai. Biasanya 3 tahap itu yang memudahkan pengguna website gratisan mendaftar ke layanan website gratisan untuk sesegera mungkin berkarya dengan website nya.

– Mudah
Ditujukan untuk dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai latar belakang, mulai dari yang sudah ahli dalam menggunakan website hingga yang awam, jelas tampilan website nya pun kemudian dibuat mudah digunakan oleh siapapun.

– Banyak tutorial di internet
Karena banyak yang menggunakan, maka banyak pula tutorial untuk menggunakan website tersebut di Internet. Mulai dari tutorial kalo ada masalah hingga tutorial menambah hal baru dalam website nya.

Kelemahan website gratisan

– Minim / tidak bisa tweak
Namanya juga gratisan, jangan kaget kalo fitur yang disediakan relatif lebih sedikit daripada website berbayar. Untuk anda yang ingin melakukan perubahan coding php dan html, kebanyakan layanan website gratisan juga menutup aksesnya.

– Design sederhana
Prinsip ‘tinggal pakai’ di website gratisan juga termasuk hingga desain nya. Pengguna website gratisan biasanya hanya diberikan pilihan beberapa tema untuk desain website mereka, tanpa mereka bisa otak-atik atau tambahkan tema lain sesuai keinginan. Ini tentunya tidak bisa digunakan oleh website perusahaan, toko online, atau website pribadi yang ingin desain nya unik, berbeda daripada website lain.

– Minim / tidak bisa ditambah plugin
Selain minim fitur, penyedia layanan website gratisan juga biasanya menutup akses untuk menambahkan plugin baru, apapun bentuknya. Jadi jika website atau toko online anda membutuhkan plugin tambahkan, siap-siap gigit jari.

– Jika penyedia website offline, semua offline
Menggunakan jasa website gratisan berarti bergantung pada keberadaan perusahaan yang menyediakan layanan tersebut, jika perusahaan tersebut bangkrut dikemudian hari, bisa jadi website anda juga akan ikut hilang.

– Terkadang ada iklan yang diselipkan oleh penyedia website
Perusahaan penyedia layanan website gratisan bukan berarti mereka tidak membutuhkan uang, maka seringkali ada iklan yang muncul dalam website gratisan yang anda gunakan meskipun anda tidak pernah menaruh script iklan disana. Itu bukan error, itu adalah cara bagaimana perusahaan tersebut mendapatkan uang dari website gratisan yang anda gunakan. Merusak tampilan website, jelas. Apalagi anda tidak akan tahu dimana iklan tersebut akan diletakkan.

– Bukan domain sendiri
Pengguna website gratisan memang diberikan URL khusus untuk website nya, namun domain tersebut bukanlah domain milik anda sendiri, karena biasanya hanya sub domain dari domain utama mereka. Contoh : blablabla.blogspot.com. Jika ingin menggunakan domain pribadi seperti blablabla.com maka harus ada biaya yang dikeluarkan.

– Rawan hack
Menggunakan website dengan layanan website gratisan yang juga digunakan oleh jutaan website lain membuat website anda rawan dijahili oleh orang tidak bertanggung jawab.

– Kerahasiaan data
Menggunakan layanan website gratisan berarti menempatkan data anda pada server mereka, dan anda tidak akan tahu apakah mereka akan membaca data anda, terutama jika anda memiliki data rahasia dalam website tersebut.

– Minim / tidak ada backup berkala
Backup sudah menjadi hal penting yang harus dilakukan seseorang dan perusahaan pemilik website, namun tidak dengan perusahaan penyedia website gratisan. Jika suatu saat adik kecil anda membuka laptop anda kemudian men-delete seluruh data anda, maka itu sudah menjadi tanggung jawab anda pribadi.

– Minim / tidak ada support
Menggunakan website gratisan juga berarti membiarkan website anda dalam kondisi tidak aman, karena kebanyakan website gratisan tidak memiliki support yang akan menangani setiap keluhan atau masalah dalam website anda.

– Waktu layanan
Yang kami maksud dengan waktu layanan disini adalah seberapa lama website anda akan hidup, apakah setelah setahun akan ditutup otomatis oleh si penyedia website gratisan. Ataukah jika anda sedang sibuk dengan bisnis anda dan tidak sempat mengurus website anda, kemudian website tersebut langsung di delete, bersamaan dengan seluruh data anda didalamnya? Semuanya sudah menjadi kebijakan penyedia layanan website gratisan, dan sebagai pengguna gratisan biasanya hanya bisa berandai mengapa saya tidak menggunakan website berbayar saja?, Demikian tentang Ini Kelebihan dan Kekurangan Website Gratisan Di Jakarta.

WhatsApp Ruhi