Content Marketing, Mengapa Penting di Jakarta dan di Tangerang?

Content Marketing, Mengapa Penting di Jakarta dan di Tangerang? Content marketing adalah strategi yang digunakan dalam pemasaran untuk mencapai tujuan berupa penciptaan dan distribusi konten atau isi yang relevan untuk dapat menarik, mendapatkan dan menjalin hubungan dengan konsumen tertentu. Pernyataan tersebut dijelaskan oleh Joe Pulizzi, penulis buku “Get Content, Get Customers”.

Content marketing tidak lepas dari penggunaan media-media online maupun offline baik itu dalam bentuk teks, video maupun audio. Konten disusun dengan maksud untuk memberikan informasi kepada pembaca, menarik minat mereka, memberikan solusi dalam suatu isu maupun permasalahan, hingga mempunyai sisi hiburan dan tentunya sebagai bentuk pendekatan antara perusahaan dengan khalayak yang menjadi targetnya. Pencapaian lain yang hendak dicapai yaitu munculnya image positif pada brand yang ingin ditonjolkan.

Content Marketing, Mengapa Penting di Bogor?

Dalam media online, content marketing dapat dilakukan dengan memanfaatkan beberapa media, diantaranya blog, media sosial dan email.

Kelebihan blog dalam melakukan content marketing diantaranya relatif mudah dalam pengaplikasiannya. Blog memiliki sifat “two-way conversation” atau percakapan dua arah, dimana pembaca atau konsumen potensial yang tertarik dapat melibatkan diri di dalamnya. Blog juga dianggap dapat lebih lengkap dalam memberikan sajian yang informatif, edukatif bahkan menghibur.

Media sosial juga dapat digunakan sebagai instrumen dalam melakukan content marketing. Media sosial yang dimaksudkan di sini diantaranya Twitter, Facebook dan Google+. Kelebihan dari media sosial dalam pengaplikasiannya untuk content marketing adalah content marketing dapat dilakukan dengan mudah, real time dan dapat secara cepat diketahui tingkat efektivitas dan popularitasnya yang berujung pada peningkatan awareness konsumen. Caranya adalah dengan perusahaan mengepos informasi yang ingin mereka tingkatkan awareness-nya secara berkala dan intens pada waktu dimana banyak terjadi aktivitas konsumen dalam menggunakan media sosial atau disebut waktu puncak. Waktu puncak dalam penggunaan Twitter dan Facebook ada pada pukul 1 siang hingga 4 sore.

Berikutnya, penggunaan email. Biasanya media ini digunakan oleh para content marketer asal luar negeri dengan memaksimalkan penggunaan layanan email berbayar. Namun di Indonesia, content marketing menggunakan email masih belum menjadi pilihan utama, karena sering diidentikkan sebagai spam yang menimbulkan ketidaknyamanan bagi konsumen.

Lantas, secara spesifik, mengapa content marketing menjadi penting?

Menurut Heidi Cohen, content marketing mampu menyediakan informasi yang bermanfaat bagi konsumen dan juga calon target berikutnya ketika mereka ‘berbelanja’ atau setelah mereka membeli produk tersebut. Patut dicatat, content marketing tidak dilakukan dengan langkah menyampaikan pesan yang hanya berisikan promosi secara terus-menerus. Content marketing mengambil pendekatan berbeda dari iklan yang kini mulai ditanggapi skeptis oleh masyarakat.

Fakta menunjukkan bahwa content marketing dewasa ini telah menjadi pendekatan yang efektif dan efisien dalam melakukan bisnis, baik itu bisnis yang sudah besar maupun bisnis start-up. Content marketing dapat membawa kita kepada peningkatan nilai suatu produk di mata konsumen.

Content marketing juga memiliki korelasi dengan SEO. Adanya content marketing yang baik dan relevan, akan membuat website yang dimiliki suatu perusahaan dianggap sebagai website yang bermanfaat yang menawarkan banyak informasi yang berguna. Ini menjadi nilai tambah dimana konten yang dimiliki dapat dengan mudah diakses oleh banyak masyarakat. Setelah mudah diakses oleh masyarakat, probabilitas untuk bertambahnya share dari orang-orang yang menganggap informasi ini penting dan bermanfaat meningkat karena website perusahaan mendapat rangking yang bagus di mesin pencari.

Content marketing menciptakan hubungan baik antara konsumen dengan perusahaan. Ketika hubungan baik telah tercipta dan kepercayaan konsumen telah dimiliki, maka ini berpengaruh pada meningkatnya penjualan produk. Manfaat yang perusahaan dapatkan dari adanya kepercayaan konsumen tidak berhenti pada saat proses pembelian produk saja, tapi konsumen akan berlanjut menjadi ‘lidah’ dalam menyebarkan informasi mengenai produk yang perusahaan tawarkan, melalui customers review atau rekomendasi yang mereka lakukan ke orang lain.

Berikut statistik yang menunjukkan bahwa content marketing telah menjadi instrumen penting yang dapat menunjang bisnis suatu perusahaan:

63% perusahaan mengatakan bahwa mengepos konten dalam sosial media telah membantu meningkatkan efektivitas pemasaran 6 dari 10 pengguna Twitter dan Facebook memiliki kecenderungan untuk memberikan rekomendasi mengenai brand yang mereka kenakan kepada followers mereka
Perusahaan yang memiliki blog mendapatkan lebih dari 97% inbound links lebih banyak dibandingkan perusahaan yang tidak memiliki. 70% konsumen lebih memilih untuk mengetahui seluk beluk suatu perusahaan melalui artikel dibandingkan melalui iklan perusahaan tersebut.

Intinya, content marketing tak hanya mengarahkan konsumen untuk dapat membeli produk tetapi juga merubah pandangan dan perilaku mereka terhadap perusahaan. Demikian tentang Content Marketing, Mengapa Penting di Jakarta dan di Tangerang?

WhatsApp Ruhi